BIMTEK Pendataan dan Validasi Data Fakir Miskin Berbasis Android

Dipublikasikan oleh dinsos pada

Sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan UU Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin mengamanatkan peran Pemerintah Daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi (verivali). Nantinya, verivali ini disampaikan ke Kementerian Sosial melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang selanjutnya diolah menjadi Basis Data Terpadu (BDT) yang saat ini istilahnya diganti menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS).

Dalam rangka persiapan pendataan dan validasi data fakir miskin tahun 2019, Dinas Sosial Kota Salatiga telah menyelenggarakan kegiatan berupa Bimbingan Teknis pendataan dan validasi data fakir miskin melalui SIKS-NG berbasis android ( Bimtek Siksdroid ).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada para pendata/PSM dalam melakukan pendataan dan validasi data fakir miskin dengan menggunakan aplikasi android. Aplikasi berbasis Android tersebut diharapkan dapat memudahkan proses pendataan, verifikasi dan validasi (verval) oleh petugas tingkat kelurahan.

Sistem ini dapat digunakan secara online maupun offline untuk mengakomodir ketersediaan atau kondisi jaringan internet yang tidak merata. Kelebihan SIKSDROID di antaranya terdapat fitur perekaman lokasi, perekaman waktu wawancara di lapangan serta foto kondisi sosial ekonomi rumah tangga. Dengan aplikasi ini diharapkan proses pendataan, verifikasi dan validasi (verval) menjadi lebih efektif dan efisien.

Sebagai tahap awal untuk pendataan dan validasi berbasis android ini baru dilaksanakan di 6 (enam) kelurahan saja. Adapun untuk kelurahan yang ditunjuk untuk melaksanakan pendataan dan validasi berbasis android adalah Kelurahan Ledok, Kumpulrejo, Gendongan, Kalicacing, Sidorejo Lor dan Kauman Kidul.

Kegiatan Bimtek Siksdroid ini dilaksanakan sebanyak 2 tahap. Tahap I dilaksanakan pada tanggal 6,7 dan 8 November  2019, sedangkan tahap II dilaksanakan pada tanggal 13, 26 dan 27 November 2019, dengan perincian jadwal sebagai berikut :

No Kelurahan Tanggal Pelaksanaan Peserta
Tahap I Tahap II
1 Ledok

 

5 November 2019 26 November 2019 20 orang
2 Kumpulrejo 5 November 2019 26 November 2019 20 orang

 

3 Sidorejo Lor 6 November 2019 27 November 2019 20 orang

 

4 Kauman Kidul 6 November 2019 27 November 2019 7 orang

 

5 Gendongan 7 November 2019 13 November 2019 5 orang

 

6 Kalicacing 7 November 2019 13 November 2019 6 orang

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga,Rochadi,SH,MM  menuturkan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data Fakir Miskin. Kegiatan pendataan dan  validasi data ini penting untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir (up to date) dan terintegrasi dalam satu data. “Dengan demikian akan terwujud ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelengaraan kesejahteraan sosial,” ujarnya. *)linjam


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *