Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH)

Dipublikasikan oleh dinsos pada

Salatiga – Pada hari Kamis tgl 28 Maret 2019, Dinas Sosial telah mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Ruang Kaloka Ged.Setda Lantai 4, Pemkot Salatiga. Sosialisasi tersebut di buka oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh. Haris, SS, M.Si. Hadir dalam acara tersebut Kapolres Salatiga, Gatot Hendro Hartono, SE, M.Si dan tamu undangan dari OPD terkait. Peserta sosialisasi adalah para Ketua RW se kota Salatiga, para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan, dan Ketua Kelompok PKK RW se Kota Salatiga.

Dalam sambutannya Wakil Walikota, menekankan bahwa penggunaan bantuan sosial PKH dari pemerintah untuk keluarga tidak mampu, harus benar-benar dimanfaatkan sesuai peruntukannya, yaitu untuk kesehatan ibu hamil, kebutuhan anak usia dini (pra sekolah), anak sekolah, anggota keluarga dengan disabilitas berat dan orang tua usia lanjut. Rincian indeks bantuan sosial PKH adalah sbb.:

  1. Bantuan tetap setiap keluarga (diberikan hanya pada tahap I):
  2. Reguler          Rp     550.000,-/keluarga /tahun
  3. PKH Akses    Rp  1.000.000,-/keluarga/tahun

Bantuan Komponen setiap jiwa (Maksimal 4 orang dalam satu keluarga):

  1. Ibu Hamil                Rp 2.400.000,-
  2. Anak Usia Dini       Rp 2.400.000,-
  3. SD                             Rp    900.000,-
  4. SMP                         Rp  1.500.000,-
  5. SMA                         Rp 2.000.000,-
  6. Disabilitas Berat   Rp  2.400.000,-
  7. Lanjut Usia            Rp  2.400.000,-

Sedangkan Kapolres Salatiga dalam sambutannya menekankan tentang tugas dari pihak Polri terhadap pengawalan Bantuan Sosial Pemerintah, dimana telah ada MoU antara Kementerian Sosial dan Polri pada awal bulan Pebruari 2019 yang lalu.

Selain itu juga berkaitan dengan situasi yang harus dijaga menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang akan datang, agar senantiasa kondusif, tertib dan aman di masyarakat.

Narasumber dalam sosialisasi tersebut adalah, Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga, Roch Hadi, SH, MM dan Koordinator PKH Kota Salatiga Ita Setyorini, SE Setelah pemaparan narasumber, dilanjutkan dengan tanya jawab peserta sosialisasi.

Rangkaian kegiatan sosialisasi telah berjalan dengan lancar sesuai harapan dan akhirnya sosialisasi ditutup menjelang siang hari, oleh Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga.

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *